Tugas Kelompok Logika dan Algoritma
Kelas: 12.1B.13
BSI Bogor
Nama Kelompok:
- Febriyan A. Nugroho; 1214 3150
- Mochamad Aditya; 1214 2305
- Dio Dimas Fauzi; 1214 2221
- Rahmat Fajarudin; 1214 2710
- Febrizal Sukmanugraha
- Bintang Prasetya Dwi Prawira; 1214 2456
Algoritma Variabel Pe-ubah
Adalah variabel yang nilainya BUKAN konstanta (selalu berubah – sesuai dengan kondisi Variabel terKINI)
Sintaks : P = Q
Algoritma : P <- Q
Arti : Bahwa Nilai P diberi harga Nilai Q
Nilai P akan SAMA DENGAN nilai Q dan Nilai Q TETAP
Contoh Soal 1:
Diketahui P=0, Q=5 dan R=10. Diberikan algoritma P=Q, Q=R, maka nilai P, Q, R sekarang ?
Jawab
Diketahui P = 0, Q = 5, R = 10
P = Q –> Pada saat ini nilai dari Variabel P akan diberi nilai dari Variabel Q (P = 5)
Q = R –> Pada saat ini nilai dari Variabel Q akan diberi nilai dari Variabel R (Q = 10)
Maka nilai P, Q dan R sekarang adalah P = 5, Q = 10 dan R = 10
Contoh Soal 2:
Diketahui Algoritma P=10, P=P+1 dan Q = P. Berapakah nilai P dan Q ?
Jawab
Algoritma:
P = 10 –> Pada saat ini nilai dari Variabel P akan diberi nilai 10
P = P + 1 –> Pada saat ini nilai dari Variabel P yang baru adalah nilai dari variabel P yang lama ditambah 1 (10 + 1 = 11)
Q = P –> Pada saat ini nilai dari variabel Q diberi nilai dari variabel P yang baru (Q =11)
Contoh Soal 3:
Diketahui 3 varibael peubah P, Q dan R. Agar isi Q ditaruh di P, isi R ditaruh di Q dan isi P ditaruh di R,maka Algoritma yang dapat ditulis adalah ..?
Jawab
Agar isi Q ditaruh di P, algoritma yang dapat ditulis adalah (P <- Q atau P=Q)
Agar isi R ditaruh di Q, algoritma yang dapat ditulis adalah (Q <- R atau Q=R)
Agar isi P ditaruh di R, algoritma yang dapat ditulis adalah (R <- P atau R=P)
Algoritma Variabel Pertukaran
Berfungsi mempertukarkan masing-masing isi Variabel sedemikian sehingga Nilai dari tiap Variabel akan berubah/bertukar.
Contoh Soal 4:
Diketahui 2 peubah K = 10 dan L = 20. Buat Algoritma untuk mempertukarkan isi K dan L .. ?
Jawab
Untuk menyelesaikan algoritma pertukaran, dibutuhkan satu buah peubah (variabel) tambahan untuk menyimpan nilai dari salah satu peubah. Algoritma pertukaran untuk masalah diatas adalah (dimisalkan variabel tambahan adalah T).
T = K –> Pada algoritma ini nilai dari variabel T (variabel tambahan) akan diisi dengan nilai dari variabel K (T = 10)
K = L –> Pada algoritma ini nilai dari Variabel K akan diisi dengan variabel L (K = 20)
L = T –> Pada algoritma ini nilai dari Variabel L akan diisi dengan variabel T (L = 10)
Setelah algoritma ini dijalankan dapat dilihat bahwa algorita diatas telah mempertukarkan nilai dari variabel-variabel tersebut. Sebelumnya variabel K = 10 dan L = 20, menjadi variabel K = 20 dan L = 10.
Jawaban Games Logika
Langkah-Langkah Algoritma:
Game 1 Wolf Sheep and Cabbage :
- Angkut Kambingnya Dulu Menuju Sisi B, kemudian Serigala tidak Mungkin Makan Sayuran
- Angkut Sayurannya Menuju Sisi B, Dan Bawa Kembali Kambingnya Ke Sisi Awal (Sisi A)
- Sekarang Angkut Serigalanya Menuju Ke Sisi B
- Balik Lagi Seorang Diri, Ambil Kambingnya Menuju Sisi B
Game 2 Cannibals and Missioneries :
Pertama-Tama, Seberangkan 2 Setan Ke Sisi B (Yg 1 Setan Ga
Bakal Berani Lawan 3 Orang Alim)
Taruh 1 Setan Di Sisi B, Jemput Setan Yang Lain Untuk
Ditaruh Di Sisi B
2 Setan Di Sisi B, 1 Setan Balik Ke Sisi A. Sekarang 2 Orang
Alim Menuju Sisi B
Taruh 1 Orang Alim Di Sisi B, Lalu Balikin 1 Setan Ke Sisi A
(Tadinya Di Sisi B Ada 2 Setan)
Balikin 1 Setan Ke Sisi A. 1 Setan, 1 Orang Alim Di Sisi B.
1 Setan, 1 Orang Alim Dalam Perahu. 1 Setan, 1 Orang Alim Di Sisi A (Pokoknya
Harus Rata Deh)
Orang Alim Di Sisi A, Angkut Ke Sisi B Bersama Orang Alim
Yang Masih Di Perahu Tadi.Sekarang Posisinya 3 Orang Alim Di Sisi B, 1 Setan Di
Perahu, Dan 2 Setan Di Sisi A
Jemput Setan-Setan Tadi Ma Setan Yang Diperahu Satu Persatu.
Hingga Setan Yang
Terakhir. Intinya Adalah Keseimbangan Jumlah, Dan Mengutamakan Orang Alim Ke
Sisi B Dulu.
Level 2 Clear
Game 3 Family Crisis:
- Pertama-Tama, Seberangkan Si 1 Detik Dan 3 Detik. (Waktu Tersisa 30 Detik - 3 Detik Yang Pegang Lampu = 27 Detik).
- 1 Detik Balik Tuk Jempunt Yang 6 Detik. (Waktu Tersisa 27 Detik - 1 Detik Yang Pegang Lampu = 26 Detik).
- 1 Detik Dan 6 Detik Nyeberang, Lalu Si 1 Detik Balik Lagi. (Waktu Tersisa 26detik - 6 Detik Yang Pegang Lampu - 1 Detik Yang Balik Ke Sisi A = 19 Detik).
- Nah, Disini Kuncinya. Seberangkan Secara Bersama-Sama Si 12 Detik (Aki-Aki) Ma Si 8 Detik. Disini Hanya Berkurang 12 Detik Doank, Coz Si 12 Detik Yang Pegang Lampu. (Waktu Tersisa 19 Detik - 12 Detik Yang Pegang Lampu = 7 Detik).
- Nah, Si 3 Detik Balik Jemput Si 1 Detik. (Waktu Tersisa 7 Detik - 3 Detik Yang Balik Ke Sisi A = 4 Detik).
- Terakhir, Si 1 Detik Dan 3 Detik Menuju Sisi B Bersama-Sama. (Waktu Tersisa 4 Detik - 3 Detik Yang Pegang Lampu = 1 Detik).
:)
ReplyDelete