Loading...
Thursday, October 2, 2014

Tugas Kelompok Logika dan Algoritma Pertemuan 2

Tugas Kelompok Logika dan Algoritma
Kelas: 12.1B.13 
BSI Bogor
Nama Kelompok:
  • Febriyan A. Nugroho; 1214 3150
  • Mochamad Aditya; 1214 2305
  • Dio Dimas Fauzi; 1214 2221
  • Rahmat Fajarudin; 1214 2710
  • Febrizal Sukmanugraha
  • Bintang Prasetya Dwi Prawira; 1214 2456
Jawabannya
Algoritma Variabel Pe-ubah

Adalah variabel yang nilainya BUKAN konstanta (selalu berubah – sesuai dengan kondisi Variabel terKINI)

Sintaks : P = Q

Algoritma : P <- Q

Arti : Bahwa Nilai P diberi harga Nilai Q

Nilai P akan SAMA DENGAN nilai Q dan Nilai Q TETAP

Contoh Soal 1:


Diketahui P=0, Q=5 dan R=10. Diberikan algoritma P=Q, Q=R, maka nilai P, Q, R sekarang ?

Jawab

Diketahui P = 0, Q = 5, R = 10

P = Q –> Pada saat ini nilai dari Variabel P akan diberi nilai dari Variabel Q (P = 5)

Q = R –> Pada saat ini nilai dari Variabel Q akan diberi nilai dari Variabel R (Q = 10)

Maka nilai P, Q dan R sekarang adalah P = 5, Q = 10 dan R = 10

Contoh Soal 2:


Diketahui Algoritma P=10, P=P+1 dan Q = P. Berapakah nilai P dan Q ?

Jawab

Algoritma:

P = 10 –> Pada saat ini nilai dari Variabel P akan diberi nilai 10

P = P + 1 –> Pada saat ini nilai dari Variabel P yang baru adalah nilai dari variabel P yang lama ditambah 1 (10 + 1 = 11)

Q = P –> Pada saat ini nilai dari variabel Q diberi nilai dari variabel P yang baru (Q =11)

Contoh Soal 3:


Diketahui 3 varibael peubah P, Q dan R. Agar isi Q ditaruh di P, isi R ditaruh di Q dan isi P ditaruh di R,maka Algoritma yang dapat ditulis adalah ..?

Jawab

Agar isi Q ditaruh di P, algoritma yang dapat ditulis adalah (P <- Q atau P=Q)

Agar isi R ditaruh di Q, algoritma yang dapat ditulis adalah (Q <- R atau Q=R)

Agar isi P ditaruh di R, algoritma yang dapat ditulis adalah (R <- P atau R=P)

Algoritma Variabel Pertukaran

Berfungsi mempertukarkan masing-masing isi Variabel sedemikian sehingga Nilai dari tiap Variabel akan berubah/bertukar.

Contoh Soal 4:


Diketahui 2 peubah K = 10 dan L = 20. Buat Algoritma untuk mempertukarkan isi K dan L .. ?

Jawab

Untuk menyelesaikan algoritma pertukaran, dibutuhkan satu buah peubah (variabel) tambahan untuk menyimpan nilai dari salah satu peubah. Algoritma pertukaran untuk masalah diatas adalah (dimisalkan variabel tambahan adalah T).

T = K –> Pada algoritma ini nilai dari variabel T (variabel tambahan) akan diisi dengan nilai dari variabel K (T = 10)

K = L –> Pada algoritma ini nilai dari Variabel K akan diisi dengan variabel L (K = 20)

L = T –> Pada algoritma ini nilai dari Variabel L akan diisi dengan variabel T (L = 10)

Setelah algoritma ini dijalankan dapat dilihat bahwa algorita diatas telah mempertukarkan nilai dari variabel-variabel tersebut. Sebelumnya variabel K = 10 dan L = 20, menjadi variabel K = 20 dan L = 10.

Jawaban Games Logika

Langkah-Langkah Algoritma:

Game 1 Wolf Sheep and Cabbage :

  • Angkut Kambingnya Dulu Menuju Sisi B, kemudian Serigala tidak Mungkin Makan Sayuran
  • Angkut Sayurannya Menuju Sisi B, Dan Bawa Kembali Kambingnya Ke Sisi Awal (Sisi A)
  • Sekarang Angkut Serigalanya Menuju Ke Sisi B
  • Balik Lagi Seorang Diri, Ambil Kambingnya Menuju Sisi B
 
Game 2 Cannibals and Missioneries :
Pertama-Tama, Seberangkan 2 Setan Ke Sisi B (Yg 1 Setan Ga Bakal Berani Lawan 3 Orang Alim)
Taruh 1 Setan Di Sisi B, Jemput Setan Yang Lain Untuk Ditaruh Di Sisi B
2 Setan Di Sisi B, 1 Setan Balik Ke Sisi A. Sekarang 2 Orang Alim Menuju Sisi B
Taruh 1 Orang Alim Di Sisi B, Lalu Balikin 1 Setan Ke Sisi A (Tadinya Di Sisi B Ada 2 Setan)
Balikin 1 Setan Ke Sisi A. 1 Setan, 1 Orang Alim Di Sisi B. 1 Setan, 1 Orang Alim Dalam Perahu. 1 Setan, 1 Orang Alim Di Sisi A (Pokoknya Harus Rata Deh)
Orang Alim Di Sisi A, Angkut Ke Sisi B Bersama Orang Alim Yang Masih Di Perahu Tadi.Sekarang Posisinya 3 Orang Alim Di Sisi B, 1 Setan Di Perahu, Dan 2 Setan Di Sisi A
Jemput Setan-Setan Tadi Ma Setan Yang Diperahu Satu Persatu.
 Hingga Setan Yang Terakhir. Intinya Adalah Keseimbangan Jumlah, Dan Mengutamakan Orang Alim Ke Sisi B Dulu.
Level 2 Clear

Game 3 Family Crisis:
  • Pertama-Tama, Seberangkan Si 1 Detik Dan 3 Detik. (Waktu Tersisa 30 Detik - 3 Detik Yang Pegang Lampu = 27 Detik).
  • 1 Detik Balik Tuk Jempunt Yang 6 Detik. (Waktu Tersisa 27 Detik - 1 Detik Yang Pegang Lampu = 26 Detik).
  • 1 Detik Dan 6 Detik Nyeberang, Lalu Si 1 Detik Balik Lagi. (Waktu Tersisa 26detik - 6 Detik Yang Pegang Lampu - 1 Detik Yang Balik Ke Sisi A = 19 Detik).
  • Nah, Disini Kuncinya. Seberangkan Secara Bersama-Sama Si 12 Detik (Aki-Aki) Ma Si 8 Detik. Disini Hanya Berkurang 12 Detik Doank, Coz Si 12 Detik Yang Pegang Lampu. (Waktu Tersisa 19 Detik - 12 Detik Yang Pegang Lampu = 7 Detik).
  • Nah, Si 3 Detik Balik Jemput Si 1 Detik. (Waktu Tersisa 7 Detik - 3 Detik Yang Balik Ke Sisi A = 4 Detik).
  • Terakhir, Si 1 Detik Dan 3 Detik Menuju Sisi B Bersama-Sama. (Waktu Tersisa 4 Detik - 3 Detik Yang Pegang Lampu = 1 Detik).
 Game 4 Frogs Logic

1 comments:

 
TOP