Loading...
Monday, September 17, 2012

Arti Chord Dalam Musik



Jika sobat ingin belajar mendalami gitar, itu artinya sama dengan mempelajari musik juga bukan? Tentu, karena keduanya tergabung dalam 1 'paket'. Mempelajari gitar yang merupakan alat musik, tentu harus dibarengi dengan mempelajari segala berbau musik, salah satunya adalah chord. Apakah itu chord?

Coba sobat perhatikan orang-orang yang bermain gitar ketika mengiringi orang bernyanyi, pada umumnya mereka menggunakan lebih dari 1 jari untuk memainkan rangkaian chord/kunci di papan fret gitar. Tentunya setiap jari menekan nada yang berbeda. Nah, sudah dapatkah sobat menyimpulkannya?

Chord adalah kumpulan nada/not yang membentuk suatu rangkaian. Fungsi chord itu sendiri ialah untuk mengiringi suatu melodi, baik melodi dari permainan gitar ataupun melodi yang keluar dari mulut orang ketika bernyanyi.

Chord dasar yang banyak dipakai orang ketika memainkan gitar adalah chord mayor dan minor. Sama seperti Pola Tangga Nada Mayor dan Pola Tangga Nada Minor yang memiliki rumus interval, Chord juga memiliki rumus, yaitu rumus nada. Perhatikan rangkaian tangga nada C berikut ini.


C - D - E - F - G - A - B - C

Nah, jika kita ingin memainkan tangga nada C Mayor, kita harus memainkan nada ke 1, ke 3, dan ke 5. Artinya, rumus nada chord mayor adalah not ke 1, 3, dan 5. Begitupun pada tangga nada yang lainnya.


Lantas bagaimana dengan Chord Minor? Apa rumus nadanya? Perhatikan contoh tangga nada A minor dibawah ini.
A - B - C - D - E - F - G - A
Nah, untuk memainkan chord A minor, kita tinggal mengambil nada ke 1, 3, dan ke 5, sama seperti chord C mayor diatas. Sehingga terciptalah rangkaian nada A, C, dan E yang membentuk A Minor.
Nah, pahami materi diatas, lalu cobalah belajar mencari rangkaian chord lainnya selain C dan Am. Jika sobat mengalami kesulitan, dipersilahkan bertanya melalui kotak komentar dibawah ini.

0 comments:

Post a Comment

 
TOP